Tokoh Besar Legenda Bajak Laut Dunia Nyata


“Clara Paget berperan sebagai Anne Bonny dalam film Black Sails”
Bajak Laut adalah para perampok di laut yang bertindak di luar garis hukum, mereka lekat dengan image brutal, kejam dan segala macam keburukan, Ada berbagai jenis Bajak Laut mulai dari Bajak Laut biasa, Buccaneer, Corsair hingga Privateer . Abad 16-17 (1650-1730) adalah marak-maraknya Bajak Laut, konon abad tersebut dikenal sebagai zaman keemasan Bajak Laut. Nama-nama Bajak Laut besarpun bermunculan, tercatat dalam sejarah yang membuat mereka masih dikenal sampai hari ini.
Pada Zaman ini Bajak Laut hampir dipastikan lenyap, namun kisah mereka telah menginspirasi banyak seniman bercerita tentang Bajak Laut, setidaknya tema Bajak Laut maupun nama para tokoh Bajak Laut pentolan masih bisa kita jumpai dalam cerita Novel, Film Komik bahkan juga Video game. Salah satu seniman yang bercerita tentang Bajak Laut adalah Eiichiro Oda, ia berbicara tentang Bajak Laut lewat komiknya yang berjudul One Piece. Pada komik tersebut beliau mengaku sengaja mengambil referensi tokoh bajak  laut dunia nyata dalam membuat beberapa Karakter di komik One Piece. Berikut nama-nama yang telah dikonfirmasi : 

1.    Roronoa Zoro – Francois L’lollonais
Jean David Nau, lebih dikenal sebagai Francois L’Olonnais adalah Bajak Laut (Buccaneer) asal Prancis. Dia dikenal sebagai Bajak Laut terkejam di Laut Karibia dengan julukan “Bane of the Spainsh’  karena banyak menghancurkan kapal dan membunuh para penduduk Spanyol. L’Olonnais adalah penyiksa ahli, mengiris bagian daging dari korban dengan pedang, membakar mereka hidup-hidup, mengikatkan tali di kepala korban hingga bola mata mereka dipaksa keluar. Dia memperlakukan penduduk dengan kebiadaban sehingga banyak sejarahwan percaya dia gila. L’Olonnais tewas dengan cara sadis selayaknya binatang, seolah-olah ia pantas mendapatkan hukuman yang setimpal, tubuhnya dipotong-potong, dibakar kemudian abunya dilempar ke udara. Beberapa rumor mengatakan bahwa ia dimakan oleh kanibal.
L’Olonnais  menarik pedang pendeknya, membelah payudara seorang warga miskin di Spanyol, dan menarik keluar Jantungnya dengan tangan asusila, menggigit dan mengunyahnya dengan gigi, seperti serigala rakus sembari berkata  “I will serve you all alike, if you show me not another way ".
(Alexander Exquemelin)
Dalam kanji Jepang tidak ada hurup L, dimana R dan L dianggap sama. L’Olonnais bisa diucapkan sebagai R’Oronais ataupun Roronoa bagi masyarakat Jepang. Hal tersebut mungkin agak terdengar maksa bagi kita yang tidak terbiasa dengan bahasa Jepang, haha. Btw, Zoro juga memiliki pamor kuat sebagai pria kejam sebelum bergabung dengan Luffy XD.
2.    Alvida - Awilda
Awilda adalah seorang putri tersohor dari Skadinavia yang kabur dari rumah ketika hendak dijodohkan oleh orang tuanya, ia kemudian menjadi Bajak Laut wanita memimpin kru Bajak Lautnya yang berisikan para wanita serta pernah menjadi ratu di Denmark. Sebagian besar sejarahwan tidak percaya Awilda pernah ada di dunia.
Kemiripannya dengan Alvida hanyalah pada nama dan status wanitanya, kenyataan Bajak Laut wanita yang dipimpinnya nampaknya lebih mengarah pada karakter Boa Hancock.
3.    Morgan – Sir Henry Morgan
Adalah seorang privateerbajak laut (Buccaneer) dan Admiral dari Royal Navy, Inggris. Dia membuat dirinya terkenal selama kegiatan di Karibia, terutama menyerang pemukiman Spanyol. Pria kelahiran Wales ini mendapatkan reputasi sebagai salah satu privateer paling terkenal dan sukses dalam sejarah. Morgan meninggal pada tahun 1688, tepat pada saat masa berakhirnya era keemasan Bajak Laut.
Sedikit sekali kemiripan yang bisa kita bandingkan dengan Morgannya One piece, barangkali hanya faktor nama dan fakta keduanya pernah bekerja sebagai Angkatan Laut.
4.    Eustass Kidd – William Kidd
Apakah ia merupakan seorang privateer atau Bajak Laut? Pelaut asal skotlandia ini terkenal karena berada dalam wilayah abu-abu antara keduanya. Kidd juga terkenal karena dia berhasil meledakkan sebuah pelabuhan besar di Perancis dan membajak kapal dagang India yang saat itu membawa banyak uang. Peristiwa itu membuat Kidd tumbuh menjadi Bajak Laut kaya raya. Pada awalnya ia adalah seorang pelayar, kemudian dipekerjakan oleh pemerintah Inggris sebagai pemburu Bajak Laut hingga mendapat jabatan sebagai Privateer, tapi akhirnya digantung pada tahun 1701 sebagai Bajak Laut atas tuduhan yang cukup kontroversional. Rumor tentang lokasi harta karun yang ia sembunyikan sebelum ia ditangkap dan diadili masih bertahan sampai hari ini.
Mereka berdua mendapat panggilan yang sama sebagai “Captain Kidd’. Banyak yang belum kita ketahui tentang Eustass Kidd. Jadi, apakah kelak Kidd akan bernasib sama dengan William Kidd? Menarik sekali. Oh iya, Sebenarnya nama Eustass Kidd bukan hanya mengandung referensi dari William Kidd, tapi juga Eusstace the Monk, seorang tentara bayaran dan Bajak Laut yang pernah belajar ilmu hitam.
5.    X. Drake - Sir Francis Drake
Francis Drake adalah seorang Wakil Admiral Angkatan Laut, Inggris. Ia juga dikenal sebagai Privateer, navigator, pahlawan Angkatan Laut, pedagang budak dan politikus pada masa Elizabethan. Drake menjadi orang Inggris pertama yang pernah mengelilingi bumi, dari tahun 1557 sampai 1580. Sepulangnya dari ekspedisi, ia diberi gelar ksatria oleh Ratu Elizabeth I. Drake adalah pahlawan Inggris tapi ia dipandang Spanyol sebagai Bajak Laut. Tahun 1588 Drake memimpin Armada inggris untuk menghalang-halangi mendaratnya kapal perang spanyol, Drake berhasil melawannya. Tahun 1596, Drake meninggal atas dugaan penyakit Disentri setelah gagal menyerang San Juan, Puerto Rico.
Keduanya pernah bekerja di Angkatan Laut. Berbeda dengan aslinya, Drake di One piece membelot dari Angkatan Laut dan menjadi Bajak Laut. Sebagai seorang yang dpandang Spanyol sebagai Bajak Laut, Sir Francis Drake dikenal dengan nama El Draque (mungkin ini yang kemudian diplesetkan oleh Oda menjadi nama EX Draque/X Drake)
6.    Basil Hawkins – John Hawkins
Sir John Hawkins adalah seorang Admiral Angkatan Laut, Inggris. Ia juga dikenal sebagai pembuat kapal, panglima serta administrator Angkatan Laut, pedagang, penjual budak, navigator, bahkan Bajak Laut (bagi Spanyol). Saat bekerja di Angkatan Laut kerajaan Inggris, dia merancang dan membangun ulang kapal tua guna menandingi Armada Spanyol. Dia pernah menyusun blokade Angkatan Laut untuk memotong jalur pelayaran kapal harta Spanyol. Hawkins juga sempat menjabat sebagai Wakil Admiral ketika perang melawan Armada Laut Spanyol dan memenangkan pertempuran tersebut. John Hawkins baru mendapat sorotan publik pada Juni 2006 setelah salah satu keturunannya (Andrew Hawkins) secara terbuka meminta maaf atas perbuatan perdagangan budak yang dilakukan leluhurnya itu. Dia dianggap sebagai pelaut legendaris Inggris di abad ke-16 bersama sepupunya Sir Francis Drake. Sama halnya dengan Drake, ia tewas dalam perjalanan karena penyakit setelah gagal menyerang San Juan, tidak diketahui jenis penyakit yang dideritanya.
Benar-benar berbeda ya dari sosok Basil Hawkins, hehe. Pertama Basil Hawkins bukan seorang Angkatan Laut, kedua Basil Hawkins bukan saudara sepupu X. Drake dan lainsebagainya. Eh, apa jangan-jangan mereka memang bersaudara menilik keduanya berasal dari laut yang sama, North Blue (Imposible min XD). Baiklah, masih banyak yang belum kita tahu tentang Basil Hawkins, kita lihat saja nanti, he.... Btw selain John Hawkins, nama Basil Hawkins juga mengambil referensi nama Basil Ringrose. seorang Bajak Laut (Buccaneer), ahli navigasi dan geografi yang juga terkenal sebagai penulis.
7.    Capone Gang Bege – Al Capone
Alphonse Gabriel Capone alias Al Capone adalah gangster Amerika yang memimpin sindikat kejahatan pada era The Noble Experiment. Di usia yang relatif muda (14) ia dikeuarkan dari sekolah karena terlibat dengan aktivitas Geng. Pada usia awal 20 tahunan ia pindah ke Chicago untuk menjalankan bisnis gelapnya seperti penyelundupan uang dan minuman keras secara ilegal. Capone juga teribat kegiatan kriminal lain seperti menyuap tokoh pemerintah dan prostitusi. Walaupun pekerjaannya haram, ia memperoleh simpati publik karena mendonasikan hasil bisnisnya dalam berbagai kegiatan amal Hal ini membuatnya dianggap sebagai Robin Hood versi modern. Tahun 1929, Reputasinya hancur setelah gerombolannya membantai anggota geng yang menjadi saingan bisnisnya, Peristiwa itulah yang kemudian dikenal sebagai “Saint Valentine’s Day Masscre” atau “Pembantaian di hari Valentine”. Pemerintah bahkan mememberinya sebuah julukan “Public Enemy No. 1”. Tahun 1931, ia dijatuhi hukuman penjara selama 11 tahun atas pelanggaran penggelapan pajak. Capone menderita kerusakan mental dan fisik akibat neurosifilis stadium akhir dan harus menjalani hukumannya di rumah sakit penjara selama 7 tahun. Tahun 1939, Capone bebas dari penjara sebelum tenggang hukumannya berakhir. Tahun I947, Capone meninggal karena gagal jantung, ia juga telah menderita stroke dan komplikasi.
Nah, saya minta ma’af. Ini memang di luar topik karena Al Capone bukannlah seorang bajak laut. Capone Bege dan Al Capone memiliki pembawaan yang sangat mirip., dari segi penampilan didukung kebiasaan merokoknya. “Apa mungkin Capone Bege juga terlibat bisnis gelap ya? Haha.”. Di One Piece ada juga perdangangan gelap bawah tanah, salah satu broker yang cukup terkenal adalah Donquixote Doflamingo. Selain terinspirasi dari tokoh Al Capone, Eiichiro Oda mengaku karakter Capone Bege juga didasarkan pada tokoh William Le Sauvage, bajak laut Privateer asal Inggris.
8.    Trafalgar Law – Edward Low
Edward Low adalah salah satu Bajak Laut terkenal pada era keemasan Bajak Laut. Ia lahir di Inggris dalam keluarga yang terkenal sebagai pencuri, Keadaan miskin membuat Low juga menjadi pencuri di usia muda. Ia adalah pria buta huruf, suka bertengkar serta jago menipu. Tahun 1710, ketika Low telah dewasa ia meninggalkan inggris dan melakukan perjalanan sendiri ke dunia baru, ia menghabiskan waktu 3-4 tahun di berbagai lokasi sebelum akhirnya menetap di Boston. Tahun 1714 ia menikahi wanita bernama Eliza Marble, mereka dikaruniai 2 anak, namun anak pertama meninggal ketika masih bayi sedangkan Eliza (istrinya) meninggal ketika melahirkan anak kedua. Dua tahun kemudian Low menjadi seorang Bajak Laut. Sebagai Bajak Laut karirnya terbilang singkat, hanya 3 tahun. Dalam karir singkatnya, Low sukses menjadi kapten di sejumlah kapal dan setidaknya telah merampas 100 kapal yang kebanyakan dibakar olehnya. Meskipun hanya tiga tahun, Low tetap terkenal sebagai salah satu Bajak Laut paling ganas dengan reputasi selalu menyiksa korbannya sebelum membunuh mereka.
Tidak banyak hal bisa kita bandingkan selain kesadisan dan 100 kapal yang mungkin bisa merujuk ke 100 jantung Bajak Laut yang pernah dibawa oleh Trafalgar Law ke Angkatan Laut. Jika Edward terlahir dari keuarga miskin minim pendidikan maka Trafalgar dibuat kebalikannya, keluarga Dokter yang sangat berpendidikan. So, Kita tunggu saja, apakah Lawnya One piece akan punya karir sesingkat Edward Low atau tidak?, atau malah dia (Trafalgar Law) sudah menikah sebelum jadi Bajak Laut dan meninggalkan putrinya seorang diri, hahaha... #Don’t take seriouce
9.    Jewelry Bonney – Anne Bonny
Anne Bonny adalah seorang wanita keturunan Irlandia dan Amerika. Ia mungkin merupakan Bajak Laut wanita paling terkenal dalam sejarah karena kecantikan, kecerdasan dan juga sifatnya yang mudah marah. Putri pengacara dan pemilik perkebunan ini meninggalkan kehidupannya di awal tahun 1700-an dan berlayar di laut. Dia kemudian bergabung dengan kapal Calico Jack Rackham dengan menyamar sebagai seorang pria. Bonny terbukti cukup kuat dalam perkelahian dan menjadi sangat dihormati. Pada Oktober 1720, Bonny berhasil ditangkap. Namun entah bagaimana dia berhasil menghilang secara misterius.
Saya tidak menyangkal bahwa keduanya memang punya banyak kemiripan dari mulai kecantikan, sifat temprament hingga popularitas yang luar biasa. Saat ini Jewelry Bonney berhasil lolos dari pemerintah tanpa alasan yang belum diketahui.
10.  Urouge – Oruc Reis
Oruc Reis, lebih dikenal sebagai Aruj adalah seorang pelaut biasa yang biasa berlayar di wilayah perairan Yunani dan Turki. Suatu hari kapalnya diserang kapal militer St. John of Jerusalem atau biasa disebut sebagai Knight of Rhodes, kejadian ini membuat adik bungsunya terbunuh. Sejak saat itu Aruj dan Khairuddin melakukan aksi bajak laut kepada semua kapal-kapal militer Kristen. Aksi ini sangat menggemparkan dan sangat ditakuti militer Kristen, dikenal sebagai bajak laut Barbarossa Brothers karena keduanya berjanggut merah. Makna negatif Barbarossa dipropagandakan hingga sekarang, misalnya perampok pada komik Asterix dan film Pirates of Carribean yang selalu sial, meskipun settingnya tidak sama (mungkin tawa anda sekarang menjadi kecut). Misi dendam Aruj akhirnya berubah menjadi misi perjuangan Islam setelah mendengar jatuhnya Andalusia. Puluhan ribu bangsa Moor (bahkan yang mengungsi di pegunungan) berhasil ia selamatkan ke negeri-negeri Afrika utara seperti Maroko, Tunisia dan Aljazair, selain itu Aljazair dijadikan basis pertahanan lautnya. (mengutip di Wikipedia, Kharuddin Barbarossa)
Selain hal nama, saya bisa melihat antara Oruc dan Urouge memiliki tema yang kuat tentang keagamaan, namun berbeda kepercayaan, Aruj sebagai muslim dan Urouge sebagai biksu, Urouge memiliki julukan “Biksu Misteri”. Ma’af, tidak bermaksud SARA ;D
11.  Scratchmen Apoo - Chui Apoo
Adalah seorang Bajak Laut China abad 19 yang beroprasi di Laut China Selatan. Ia tertangkap karena dikhianati oleh temannya sendiri dan atas perbuatan kriminalnya ia dijatuhi hukuman pengasingan seumur hidup di Vandiemen (Tasmania). Namun Apoo gantung diri di selnya sebelum hukuman dilakukan.
Scratchmen Apoo terlihat memiliki model rambut yang sama dengannya serta desain pakain China tempat Chui Apoo berasal. Sejauh ini, saya kira hanya itu.
12.  Marshal D. Teach aka Blackbeard - Edward Teach aka Blackbeard
Edward Teach, atau Edward Thatch yang lebih dikenal sebagai Blackbeard, adalah seorang bajak laut yang terkenal akan terornya di Laut Karibia. Blackbeard awalnya memulai karir pelautnya sebagai privateer untuk kerajaan Inggris selama Perang Suksesi Spanyol. Banyak yang beranggapaan bahwa ia merupkan renkarnasi iblis. Sebagai privateer, ia mengasah keahliannya dan kemudian beralih menjadi seorang bajak laut. Kapalnya yang terkenal adalah Queen Anne's Revenge. Blackbeard sering bertarung dengan menggunakan banyak pedang, pisau, dan pistol. Dilaporkan bahwa ia juga sering menyalakan korek api ke janggut hitam besarnya selama pertempuran dengan tujuan mengintimidasi musuh-musuhnya. Blackbeard tewas ditangan Letnan Robert Maynard dalam pertarungan yang sengit, kepala Blackbeard dipenggal dan digantung di tiang Kapal agar tidak ada orang yang berani meniru jejaknya. Tokoh Blackbeard banyak menjadi inspirasi bagi karya bajak laut bertema fiksi di berbagai genre.
Di One Piece ada 3 karakter yang bisa dikatakan mirip dengan Edward Teach/Thatch. Pertama adalah Thatch, komandan Divisi 4 Whitebeard, kedua adalah Edward Newgate, Kapten Bajak Laut Whitebeard. Namun dalam SBS Oda menyatakan bahwa keduanya hanya menjadi karakter rekaan untuk Edward Teach aka Blackbeard Kemudian yang ketiga adalah Marshal D.Teach, ini adalah yang paling mirip dan telah diakui Oda, bukan sekedar nama namun juga perilaku, penampilan dan bahkan julukannya. Hal ini semakin menguat karena Marshal D. Teach telah membunuh dan mengambil buah iblis dari Thatch dan Edward Newgate, seolah-olah membuatnya menjadi Blackbeard yang sempurna, yah dialah Edward Teach yang sebenarnya di One Piece. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.